PCX HYBRID : HARGA DAN SPESIFIKASINYA
blogmotor.id … Setelah diperkenalkan pada publik April lalu Honda PCX 150 Hybrid secara resmi mulai dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Tipe ini merupakan tipe tertinggi dari PCX yang dijual AHM. Teknologi hybrid yang dihadir Honda pada all New Honda PCX ini bekerja seperti booster yang akan membantu mesin konvensionalnya saat berakselerasi.
Saat tuas gas diputar dengan spontan motor listrik akan aktif sehingga tarikan motor lebih reponsif dibandikan PCX standar. Sumber daya untuk memutar motor assist yang didapatkan dari baterai lithium-ion yang disematkan pada PCX Hybrid ini. Jadi ada dua baterai / aki yang disematkan, yang pertama Aki12 V – 3 Ah tipe MF mirip yang ada pada PCX standar dan baterai Lithium- Ion 50,4 V- 4Ah untuk sumber tenaga motor listriknya. Dengan teknologi hybrid yang disematkan AHM mengklaim akan meningkatkan efisiensi lebih dari 2,2% dalam penggunaan bahan bakar berdasarkan pengetesan EURO 3 dengan menggunakan metode ECE R40.
Sayangnya AHM hanya menyediakan satu varian warna saja untuk All New Honda PCX Hybrid yaitu Hybrid Blue. Selain dari warnanya PCX Hybrid juga bisa diidentifikasi dengan melihat emblem logo hybrid di setiap sisi bodi. Fitur unggulan lainnya mirip dengan PCX konvensional seperti penyematan lampu LED di semua sistem pencahayaan, rem Anti-Lock Braking System (ABS), full digital panel meter , DC socket untuk power charger dan Smart Key. PCX Hybrid juga dilengkapi dengan riding mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara yakni Drive Mode, Sport Mode dan Idling Mode.
Harga PCX Hybrid tentu lebih mahal dibandingkan dengan tipe standar. PCX standar dibandrol Rp.27.800.000 untuk PCX150-CBS dan Rp. 30.800.000 untuk PCX150-ABS, sedangkan PCX Hybrid dijual Rp. 40.300.000. Harga tersebut merupakan harga OTR DKI Jakarta Tangerang. Harga di daerah menyesuaikan dengan biaya transportasinya dan pajak sesuai daerah masing-masing.
Adapun spesifikasi yang diusung PCX Hybrid ini sebagai berikut
Tipe Mesin | 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP |
Kapasitas Mesin | 149,3 cc |
Diameter X Langkah | 57,3 x 57,9 mm |
Tipe Tranmisi | Otomatis, V-Matic |
Rasio Kompresi | 10,6:1 |
Daya Maksimum | 10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm (Mesin), 1,4 KW / 3.000 rpm (Motor) |
Torsi Maksimum | 13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm (Mesin), 4,3 N.m / 3.000 rpm (Motor) |
Tipe Kopling | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering |
Tipe Rangka | Double Cradle |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Twin |
Ukuran Ban Depan | 100/80 – 14 M/C (Tanpa ban dalam) |
Ukuran Ban Belakang | 120/70 – 14 M/C (tanpa ban dalam) |
Rem Depan | Cakram, Anti-Lock Braking Sistem |
Rem Belakang | Cakram |
Panjang X Lebar X Tinggi | 1.923 x 745 x 1.107 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 764 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1,313 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 137 mm |
Curb Weight | 136 Kg |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 8L |
Kapasitas Minyak Pelumas | 0,8 L (penggantian periodik) |
Tipe Baterai Atau Aki | 12 V – 3 Ah, tipe MF 50,4 V- 4Ah, Tipe Lithium- Ion |
Sistem Pengapian | Full transisterized, baterai |
Tipe Busi | NGK MR8K-9 |
Penasaran dengan sensasi Honda PCX Hybrid, silahkan kunjungi Wing dealer dan Big Wing dealer Honda terdekat.
… daaadaagh…
![]() Berlangganan ArtikelDaftarkan email sobat untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blogmotor.id |