BANDING KASUS “WINGLET GHOIB” DUCATI AKAN DIPUTUSKAN SEBELUM SERIE ARGENTINA
blogmotor.id … Kemenangan Ducati oleh Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar yang lalu menuai protes dari beberapa pabrikan lainnya. Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia mempermasalahkan penggunaan part oleh Ducati yang dianggap illegal karena disinyalir part ini sejatinya adalah merupakan sebuah perangkat aerodinamik. Part yang mirip sirip ini dipasang dibagian bawah swingarm motor Ducati – didepan roda belakang. motor.
Ducati mengklaim perangkat tersebut digunakan untuk membantu mendinginkan ban namun pabrikan lainnya mencurigai penggunaan perangkat tersebut dapat memberikan efek downforce yang akan memberikan keuntungan aerodinamik bagi motor Ducati, sehingga penggunaan perangkat aerodinamik seperti ini berdasarkan aturan pembatasan penggunaan winglet adalah illegal.
Sebenarnya Yamaha juga pernah menggunakan perangkat serupa, namun sesuai dengan regulasi sebelumnya perangkat ini hanya digunakan pada saat balapan dalam kondisi hujan (wet race) dan dilarang dipakai pada dry race. Perangkat ini pada kondisi hujan dapat membantu keselamatan rider dengan cara membelah cipratan air dan mengarahkannya menjauhi ban belakang motor.
Namun beberapa hari sebelum seri pertama musim ini digelar Direktur Tenis MotoGP Danny Aldridge mengirim pemberitahuan kepada seluruh tim peserta MotoGP yang memperbolehkan penggunaan perangkat seperti yang dipakai Ducati pada kondisi balapan kering dengan alasan bisa membantu pendinginan ban belakang motor.
Manajer Tim Suzuki David Brivio menduga perubahan aturan tersebut dilatarbelakangi pengajuan desain swingarm dan cover ban depan oleh Ducati beberapa minggu sebelumnya. Direktur teknis kemudian memberikan persetujuannya dengan pertimbangan manfaat dari perangkat tersebut hanya untuk mendinginkan ban belakang. Beberapa aturan kemudian diubah untuk mengakomodir penggunaan perangkat sejenis bagi semua peserta.
Sudah pasti dengan perubahan aturan ini Ducati menjadi pabrikan yang paling siap. Pada balapan seri pertama kemarin perangkat ini telah terpasang di motor Petrucci, Dovizioso dan Miller.
Aprilia, Suzuki, Honda dan KTM merasa alasan untuk mendinginkan ban penuh dengan kontradiksi. Dengan fakta di lapangan bahwa suhu lintasan tidak sampai 25 °C, alih-alih mendinginkan ban menghangatkan ban justru lebih diperlukan agar ban mencapai temperatur idealnya.
Meskipun keberatan tersebut dengan segala argumen yang diajukan akhirnya ditolak Race Stewards, namun pihak-pihak yang keberatan dengan perubahan ini telah melayangkan banding kepada FIM . Keputusan atas banding kasus ini dijadwalkan akan diumumkan sebelum balapan seri berikutnya dihelat di Termas de Rio Hondo Argentina akhir Maret nanti.
Kita tunggu saja bagaimana keputusan FIM nanti … da daaaaghhhh ….
![]() Berlangganan ArtikelDaftarkan email sobat untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blogmotor.id |